Selasa, 11 April 2017

Mesjid Di Pau April 2017

Mesjid Di Pau April 2017 

Dua tahun yang lalu kami datang ke kota ini dan tinggal selama satu setengah bulan (dikurangi waktu yang kami gunakan berkunjung ke kota-kota lain). Banyak alasan waktu itu, di samping alasan utama karena anak dan menantu kami tinggal di sini. Kunjungan nostalgia, mengunjungi cucu yang baru lahir. Berbeda dengan keberadaanku selama 6 bulan di tahun 1987, ketika masih sebagai karyawan Total, 2 tahun yang lalu itu aku menikmati keberadaan di kota ini dengan santai. Yang sangat berkesan adalah ketika ikut shalat berjamaah di mesjid Pau, yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari tempat tinggal menantuku itu. 

Kami sampai di rumah ini hari Kamis sore. Aku dalam keadaan influensa dan kecapekan. Hari Jum'at subuh, sang menantu menanyakan apakah aku akan ikut shalat subuh ke mesjid. Badanku terasa masih lemah dan aku menolak. Biarlah subuh ini aku shalat di rumah saja. Sesudah dia berangkat ke mesjid jadi kepikiran juga, bukankah dia pergi dengan mobil? Menyesal, tapi sudah terlambat. 

Baru pada siang harinya aku pergi ke mesjid itu untuk shalat Jum'at. Mesjid ini tampak lebih bersih tapi suasananya masih tidak berobah. Serasa baru kemarin aku ikut shalat berjamaah di mesjid ini. Jemaah shalat Jum'at sangat banyak, tidak tertampung oleh mesjid sehingga harus menempati ruangan sekolah di sampingnya. Khotbah Jum'at disampaikan dalam bahasa Arab pada penggal pertama dan dalam bahasa Perancis pada khotbah kedua.  Sebahagian besar jamaah ini adalah orang Maroko. Di samping cukup banyak juga yang berkulit hitam. Dan yang berwajah  asli Perancis. Suasana shalat seperti ini yang sangat berkesan bagiku, mengingat bahwa ini adalah di sebuah negeri yang mayoritas penduduknya bukan Muslim.

Shalat maghrib sore harinya dan shalat subuh hari Sabtu kami kembali hadir di mesjid ini. Ada tiga shaf jamaah shalat sekurang-kurangnya pada waktu-waktu shalat tersebut. Hanya laki-laki saja yang shalat fardhu berjamaah. Aku masih ingat beberapa wajah dari jamaah tersebut.  Wajah-wajah yang bersih dalam ketaatan.

Di samping mesjid ada sekolah tempat anak-anak belajar mengaji, membaca al Quran. Dua tahun yang lalu Hamizan ikut belajar mengaji di sini. Tapi sekarang tidak lagi. Dia belajar mengaji dengan umi di rumah. Hamizan sudah pandai membaca al Quran.

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar